SEMARANG – Di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini, Pemerintah telah mengeluarkan banyak kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus ini. Pemerintah terus berupaya untuk melakukan inovasi baru untuk menjadikan pelayanan birokrasi semakin efektif dan efisien. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik pada aspek perjalanan ke luar negeri, Biro Pemerintahan, Otda dan Kerjasama melalui Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri membuat trobosan baru, yaitu Platform Sistem Pelayanan Administrasi Perjalanan Luar Negeri atau SEDUNIA bagi KDH, WKDH, Ketua& Anggota DPRD serta ASN se- Jawa Tengah.
Acara Soft Launching SEDUNIA diadakan secara virtual tanggal 19 Januari 2021 yang dihadiri oleh Pejabat Kab./Kota se- Jawa Tengah baik dari Sekretariat Daerah maupun Sekretariat Dewan.
“SEDUNIA bertujuan mempermudah akses pengurusan administrasi izin perijinan ke luar negeri bagi para Eksekutif dan Legislatif di Jawa Tengah. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima bagi Kab./Kota se- Jawa Tengah dengan mengikuti perkembangan zaman digitalisasi serta berpartisipasi aktif menekan penyebaran Virus Covid-19” ungkap Dr. Prasetyo Aribowo, S.H., M.Soc, Sc., selaku Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang pada kesempatan ini meresmikan peluncuran Sistem SEDUNIA.
Strategi Pemprov. Jawa Tengah yang dilakukan dalam menjalankan birokrasi efektif, yaitu: penerapan birokrasi digital, standarisasi pelayanan, dan profesionalisme SDM aparatur. Penerapan birokrasi digital sangat dibutuhkan dalam masa pandemi Covid-19. Selain untuk memberikan informasi update juga dapat menjadi way of services terbaik kepada end user.
”Beberapa tahun terakhir, kami aktif menerima masukan, saran, dan kritik yang positif dari Bapak/Ibu di Kab./Kota se- Jawa Tengah terkait pelayanan administrasi pengurusan izin perjalanan dinas dan alasan penting ke luar negeri, dimana terdapat beberapa kendala seperti undangan dari pihak luar negeri yang mendesak (sempit), jarak lokasi daerah jauh dari ibukota, terbatasnya waktu entry data ke sistem pemerintah pusat dan kurangnya dokumen pemohon, menyebabkan penerbitan surat persetujuan dan exit permit mendekati waktu keberangkatan delegasi atau bahkan tidak dapat terproses sesuai rencana. Oleh karenanya kami bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah membangun Sistem Aplikasi SEDUNIA” penjelasan Kepala Biro Pemerintahan, Otda dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Muhamad Masrofi, S.Sos, M.Si sebagai ketua penyelenggara acara.
Pada acara Soft Launching SEDUNIA juga menghadirkan Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Heriyandi Roni, M.Si yang mengungkapkan “Saya bangga kepada Pemprov. Jawa Tengah yang konsisten berinovasi memberikan pelayanan prima menjadi Provinsi pertama di Indonesia yang meluncurkan sistem pelayanan pengurusan administrasi perjalanan luar negeri”. Selanjutnya rencana jangka panjang, SEDUNIA akan berintegrasi dengan 3 (tiga) sistem aplikasi di Kementerian, yakni SIOLA (Kemendagri), SIMPEL (Kemensetneg) dan EXIT PERMIT (Kemenlu).
Turut hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, SH., selaku creator Sistem Aplikasi SEDUNIA berharap sistem ini mampu membawa perubahan dalam pengurusan izin perjalanan ke luar negeri menjadi lebih mudah dan lebih simple.
Para undangan juga proaktif saat sesi dialog interaktif yang dipandu oleh Kepala Bagian Kerjasama, dengan membahas seputar aturan perjalanan ke luar negeri, yaitu Permendagri No. 59 Tahun 2019 serta kebijakan yang berlaku selama masa pandemi Covid-19.
Video selayang pandang tentang SEDUNIA juga diputar untuk memberi gambaran singkat terkait manfaat, alur kerja sistem dan pelayanan admin. Silakan klik lnik berikut untuk mendapatkan materi dan video Soft Launching SEDUNIA:
https://biropemotdaks.jatengprov.go.id/menu/publik/softlaunchingsedunia
Written by Central Java International Cooperation Team_2021